Sabtu, 04 Oktober 2014

Pengenalan tentang Network Layer

             Terimakasih karena masih tetap setia membaca postingan-postingan saya di blog saya ini,pada postingan saya yang berikut ini saya akan membahas tentang.
        
NETWORK LAYER 

             Network Layer adalah salah satu internet layer yang bertanggung jawab atas pengiriman packet, pasti pembaca sedikit bingung apa yang di maksudkan dengan packet, Packet adalah data yang telah diproses yang nantinya akan di kirimkan, dalam materi sebelumnya yaitu data link layer packet disebut juga FRAME. Jika pada data link layer hanya mengirimkan ke hop selanjutnya, tidak sampai IP atau host tujuan,tugas dari Network layer adalah mengirimkan packet tersebut dari host sumber  ke host tujuan. Tugas dari Network Layer juga adalah membungkus packet tersebut dengan Header, (header adalah salah satu protokol atau aturan yang harus ada dalam pengiriman suatu data) dan IP tujuan untuk mengikuti protokol yang ada, saat packet tersebut tiba di host tujuan Network layer juga bertugas melepaskan header dan memeriksa apakah IP yang dimiliki packet tersebut sama dengan alamat IP dari hostnya. Sekarang kira akan membahas tentang network layer secara lebih rinci.

1. FUNGSI NETWORK LAYER 
Network layer memiliki beberapa fungsi penunjang yang akan dijelaskan di bawah ini :
    A . Addressing (pengalamatan)
              Addressing atau pengalamatan dalah identifikasi host dalam jaringan internet, mungkin anda bingus saat membaca tentang salah satu fungsi network layer ini, mungkin anda berpikir kenapa disetiap layer ada addressing, pengalamatan ini memang ada dalam layer sebelumnya yaitu data link, tapi data link hanya memiliki alamat untuk mengirimkan ke lompatan selanjutnya tidak sampai ke ujung, sedangkan network layer memiliki pengalamatan sampai ke host yang benar-benar di tuju oleh pengirim, untuk pemisalan misalkan pengiriman dari kantor post ke suatu rumah kost,data link hanya bertugas mengirim sampai ke rumah kost tersebut sedangkan network layer mengirimkan sampai ke kamar kost tujuan.
              Alamat untuk network layer di sebut juga Logical address (alamat logikal) dan IP address (alamat IP).

      A.a Perkembangan alamat IP
                Dalam dunia yang terus berkembang ini alamat IP pun ikut berkembang
                alamat IP memiliki 2 generasi  yaitu : IP Versi 4 (IPv4) dan IP Versi 6 (IPv6)

B . Internetworking


           Internetworking adalah fungsi utama dari network layer, netwrok layer memungkinkan komunikasi data antara host melalui berbagai jaringan fisik yang heterogen atau internetworking. Jadi maksud dari pernyataan di atas adalah, network layer lah yang memungkinkan adanya pertukaran data, pengiriman data antar host karena natwork layer memiliki IP address yang memunkinkan hal tersebut terjadi. Pada internet layer juga ada yang namanya router, router  berfungsi untuk mengarahkan suatu packet untuk menempuh jalan yang benar agar sampai ke alamat yang di tuju.
  C . Routing  
           Dalam network layer juga ada fungsi yang di namakan routing,network layer berfungsi untuk mengatur rute yang akan dilewati packet dalam pengiriman data dari sourrce ke destinatiaon (ROUTING)

   1. Teknik Routing
          Pada teknik routing ini terbagi menjadi beberapa bagian yang pertama adalah :
  • Route based, route based artinya tugas dari router tersebut adalah menjelaskan atau menunjukan jalan ataupun rute yang akan dilewati agar packettersebut dapat sampai ke alamat tujuan.
  • Next Hop, pada teknik ini menjelaskan lebih rinci tentang cara kerja dari routing tersebut, jadi saat suatu packet tiba dalam proses routing, packet tersebut akan di proses, dan setelah di proses layer network akan menunjukan arah dan jlan-jalan yang akan dilewati, sedangkan pada data link hanya akan muncul rute pertama yang akan dilewati.
  • Host spesifik dan network spesifik
  • Default Routing



              
 D . Packetizing


           Network layer juga memiliki fungsi enkapsulasi atau pembungkusan, jadi pada saat suatu data melewati network layer, network layer akan memasangkan header dan juga IP address agar suatu data dapat dikirimkan sampai ke tujuan dengan selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar